12 comments on “Ganti busi Brisk

  1. maaf mau tanya, bulan kemarin saya beli NMAX bekas tahun 2016, KM 17.500, saya coba ternyata kurang tenaga (saya bandingkan dengan NMAX teman yang masih baru KM 3.000).
    Lalu saya coba ganti Van Belt dan Kampas Ganda, hasilnya lumayan ada peningkatan performa, tetapi tetap tidak sama dengan NMAX baru.

    Kira-kira apa lagi yang harus saya lakukan ?
    Terima kasih banyak.

    Liked by 1 person

    • Semestinya umur 17.500 km belum perlu ganti V belt dan kampas kopling. Umur nmax saya udah 26.000 km belum ganti V belt sama kampas kopling. (rekomendasi pabrik ganti V-belt tiap 25.000km, indkator v-belt saya udah berkedip selama 1000 km…😅)

      Yg pertama pastinya ganti oli, yg kedua ganti busi, lalu ganti filter udara. Servis throttle body dan injector juga perlu. Kalo masih di rasa kurang ganti roller yg lebih ringan, mungkin 11gr. Dan ganti per cvt dengan yg lebih panjang.
      Biar lebih gampang, bisa ambil paket servce injeksi. Semoga membantu.. 😊

      Paket service injeksi NMAX 2019

      Like

  2. Terima kasih atas masukannya.
    Maaf saya lupa informasikan, saya servis bukan di bengkel resmi :
    Ganti Oli Yamalube Super Matic, Ganti Oli Gardan, Ganti V Belt, Ganti Kampas Kopling, Ganjal Per CVT pakai pelor.
    Saya tidak puas dengan performanya.

    Apakah dengan paket servis injeksi, servis throttle body, lalu ganti busi, ganti filter udara, dan ganti roller, performa motor akan kembali seperti baru ?

    Sebenarnya saya agak ragu / kurang yakin, takutnya setelah saya keluar banyak biaya tetapi hasilnya tidak memuaskan.

    Apakah sebaiknya saya beli motor nmax baru ?

    Tolong beri pencerahan.

    Terima kasih banyak.

    Liked by 1 person

    • Memang wajar ada keraguan, sudah keluar uang banyak tapi performa tidak sesuai yg diharapkan.
      part-part motor kan pasti ada jangka waktu pemakaiannya, oli kan udah pasti lah ya.. emang wajar, apalagi beli second hand, harus pertama yg diganti. kedua ganti oli gardan udah bener juga, rekomendasi pabrik tiap 12.000 km. ganjal per CVt dengan pelor atau gotri harusnya udah lumayan, mungkin tinggal ganti roller yang lebih ringan agar putaran bawah nya lebih enteng,
      kalo menurut saya servis TB dan injector ngaruh banget, beneran. saya udah dua kali ambil paket service injeksi dan keduanya bikin saya puas. perbedaan sebelum motor masuk dan sesudahnya kerasa banget beda nya, padahal part seperti oli dan busi ngga diganti, saya ganti sendiri belakangan.
      Busi dan filter juga ada batas waktu pemakaian. busi standar umumnya optimal hingga 12.000 km, sesudah itu memang masih bisa jalan, tapi mungkin sudah tidak optimal.
      Dan filter udara. jangan anggap sepele filter udara. filter udara harus diganti tiap 10.000 km, kalo riding nya di jalan yang berdebu, maka penggantian lebih dipercepat, karna filter udara nmax elemen kertas yang dilapisi oli tipis untuk menangkap debu. Jika debunya sudah terlalu banyak maka pasokan udara ke TB akan terganggu sehingga pembakaran juga terganggu yg akhirnya tenaga jadi ngedrop.

      Saran saya coba dulu ambil paket service injeksi, harganya kurang dari 500rb, ketimbang beli nmax baru…? kalo mau ya nunggu Nmax versi facelift nya

      Like

  3. Bulan kemarin saya memutuskan beli Nmax second karena sambil nunggu Nmax Facelift.

    Keluhannya soal performa :
    Tarikan di bawah 6.000 RPM (sebelum VVA aktif), normal
    Tetapi tarikan menengah setelah 6.000 RPM agak berat, perasaan saya VVA aktif, tapi seperti ada yang menahan laju motor, tidak bisa ngacir.
    Jadi kalau lagi di tanjakan (tidak terlalu curam), lalu di depan misalnya ada truk, saya jadi tidak pede untuk menyalip.
    Jadi kalau dipakai jarak agak jauh, misalnya 100 km, saya jadi capek bawa motor karena waktu yang dibutuhkan lebih lama dari biasanya.

    Terima kasih atas sarannya, saya akan coba ambil paket servis injeksi.

    Sekiranya setelah servis injeksi, laju motor tetap seperti ada yang menahan, kira-kira apa lagi yang harus saya lakukan.

    Tolong beri pencerahan lagi.

    Terima kasih banyak.

    Liked by 1 person

    • RPM menengah ke atas tertahan atau ngeden berarti ada masalah di supply udara dan bbm, afdolnya kalo udah servis TB dan injector, filter udara juga wajib ganti, berhubung KM udah 17.000 ++ dan ngga tau gimana riwayat pemakaian sbelum nya

      Kalau setelah servis TB dan injector dan ganti filter udara performa atas masih negeden. mungkin ada yg salah di cam VVA nya, mungkin kesalahan pemakai sebelumnya. Tapi kalo motor masih normal dan sehat, saya jamin servis TB dan injector aja motor udah pulih kembali.

      Like

  4. Terima kasih atas semua pencerahannya.

    Kemarin pagi saya iseng tawarin motor ke beberapa teman, ternyata ada yang mau, lalu akhirnya saya jual.

    Hari ini saya beli Nmax baru warna hitam, baru datang tadi malam jam 19.00

    Jadi, maaf saya tidak bisa kasih kabar mengenai hasil servis TB dan injector.

    Liked by 1 person

  5. Bang saya juga baru beli businya, pas cek celah busi di 0.6mm, sementara kalo busi standar aerox 0.8-0.9mm, apa perlu busi brisknya disesuaikan celahnya dengan busi standara? Terimakasih

    Liked by 1 person

    • Menurut saya gak perlu lagi. Beda pabrikan mungkin beda spec. Yg perlu diperhatikan panjang ulir nya. Jangan kependekan atau kepanjangan.

      Like

Leave a comment