41 comments on “Modem 4G yg tidak bisa 4G

  1. Gan.numpang nanya juga.jafi modem bolt max itu gak bisa di utak atik lagi utk dapat frekwensi nya ke 1800?
    Ada info gak buat itu.sayang gan dah beli cmn make bentar doang.pingin nyetel supaya bisa pki xl n telkomsel 4G

    Like

    • Setau saya bolt max ngga bisa diganti frekuensinya, memang unlock dan support semua operator gsm, tapi speed maksimal di 3G saja. Nah kalo bolt slim 2/ bolt max 2 udah bisa 4G all operator. Posisi di mana mas? Kalo di jakarta ya pake kartu boltnya aja, kalo di luar jabodetabek ya harus sabar speed mentok di 3G, atau ngga ya dijual.. 😀

      Like

  2. Iya maksudnya itu.. Frekuensi device nya 2.4Ghz, tidak sejalan dengan frekuensi operator seluler yg 1.8 Ghz, jadi kalo device nya ngga sejalan ya ngga bakalan bisa jalan 4G. Maaf kalo bahasanya salah, makasih udah diingatkan.

    Like

    • No.. Frekuensi wifi dan frekuensi jaringan seluler itu 2 hal yang berbeda.. Frekuensi wifi digunakan untuk menyambungkan mifi ke handheld kita (ini bisa diubah 2.4/5Ghz sesuai kebutuhan handheld kita), sedangkan frekuensi seluler untuk menyambungkan koneksi internet operator seluler ke mifi kita (ini tidak bisa diubah-ubah frekuensinya, cek spesifikasi).. Jadi artikelnya dibetulkan dulu, karena bikin orang gagal paham..

      Liked by 1 person

      • Saya sudah coba. Pake semua kartu gsm.. Frekuensi seluler di 1.8Ghz. Sedangkan devicenya 2.4Ghz, ya ngga akan pernah nyambung. Gini aja deh. Kartu gsm saya sudah support 4G, tapi handheld atau hape saya belum support 4G. Kira-kira bisa dapet koneksi 4G ngga??. Kalo modem yang model terbaru mungkin sudah suport untuk jaringan 4G operator gsm nasional. Yg saya bahas kan hanya modem tipe ini dan 4G nya hanya jika menggunakan kartu bolt, belum support kartu 4G operator nasional. Begitu.

        Like

  3. Halo gan,

    Mau tanya, ane kan pakek Mifi Zte MF90+. Ane pasang indosat ooredoo kok gak bisa detect 4g nya ya, sinyalnya ilang. Padahal ane di kota jogja, pas kartu ane pindah ke HP yg support 4g, dia jalan lancar jaya. Nah si mifi ini ane ganti pakek XL, dan dia detect sinyal 4g XL. Apa yang salah dengan indosatnya ya? Padahal pakek frekuensi sama kan?

    Like

    • Wah, ngga tau kalo MF90+, saya tau nya MF90 aja, soalnya pernah punya waktu bundling sama boltz, dan itu frekuensi device nya 2.4Ghz, ngga bisa 4G operator nasional. Kalo yg MF90+, mungkin sudah di rombak frekuensi devicenya jadi bisa 4G all operator. Nah kalo XL bisa 4G, tapi indosat ngga bisa, kemungkinan setingan jaringan, untuk lebih jelas bawa ke customer service indosat aja..

      Like

  4. Justru sy merasa aneh gan, sy punya bollt sdh lama, dan sblumnya sy bisa 4Gan pakai 3 dan sdh berkali2 sy pake, dan ternyata baru 1 bulanan lalu tdk sengaja update, kemudian saya unlock dan abis deh ga bisa lagi 4G an,itu sungguh aneh karena sy dulu pertama unlock memakai firmware yg sama karena sy simpan di komp sy..sungguh aneh dan membuat saya sedih… Hiks hiks

    Like

  5. dulu Saya pakai modem bolt e5372s jaringan telkomsel cuma 3G saja karna dulu memang di tempat saya telkomsel belum ada jaringan 4G nya, gak sengaja ke restart al hasil modem saya jadi device locked, saya download firmware dari sumber google bisa lagi tapi anehnya meski sekarang jaringan di tempat saya telkomsel sudah 4G kenapa modem bolt e5372s saya tidak bisa Muncul 4G dan hanya mentok 3G saja, apa karna pernah ke restart atau memang modem bolt e5372s tidak support 4G ya gan, padahal nama bolt nya super4G-618D,

    Like

  6. dulu Saya pakai modem bolt e5372s jaringan telkomsel cuma 3G saja karna dulu memang di tempat saya telkomsel belum ada jaringan 4G nya, gak sengaja ke restart al hasil modem saya jadi device locked, saya download firmware dari sumber google bisa lagi tapi anehnya meski sekarang jaringan di tempat saya telkomsel sudah 4G kenapa modem bolt e5372s saya tidak bisa Muncul 4G dan hanya mentok 3G saja, apa karna pernah ke restart atau memang modem bolt e5372s tidak support 4G ya gan, padahal nama bolt nya super4G-618D, mohon pencerahan nya,,

    Liked by 1 person

  7. ok mas ara59, sekarang saya menggunakan modem wi-fi vodafone mf93d, sebelum nya pernah ke restart juga tapi ckup masukan APN dan Nomor *99# bisa lagi terkoneksi ke jaringan telkomsel 4G, tapi masalahnya begini jika modem nya di matiakan trus dinyala kembali komputer saya terkoneksi otomatis ke modem namun ada tanda seru di gambar jaringan nya juga bertulis no internet acces, untuk mengatasi hal trsebut saya harus login dulu ke vodafone nya setelah login cukup pindah jaringan sebelumnya misal 4G kejarngan lain 3G setelah muncul kata save pilih lagi jaringan awal yaitu 4G trus save baru saya bisa internet acces, kenapa seperti itu trus setiap modem dinyalakan pertama kali, padahal pertama kali beli waktu sebelum ke restart komputer dan modem vodafone saya selalu internet acces meski modem sedang nyala trus di matikan trus dinyala kembali tinggal tggu beberapa saat komputer saya langsung terkoneksi ke modem dan internet acces, berbeda sekali dgn sekarang jika modem baru di nyalakan pertama kali selalu no internet acces, dan untuk mengatasi nya saya harus login dulu ke vodafone nya, sekiranya apa yang salah di setingan vodafone saya ya mas,,,

    Liked by 1 person

    • Modem stick atau modem wifi (mifi)..???
      Kalo modem stick bisa cobain huawei E3372, udah unlock all operator harganya 500 rb.

      Kalo modem wifi atau mifi bisa huawei E5577, tapi rada mahal sekitar 700rb an lebih.
      Kalo nyari yg agak murah bisa pilih alcatel Y853. Saya pernah pake, dulu sih masih 400an sekarang mungkin udah naik kali ya..?

      Unboxing : mifi 4G alcatel Y853

      Like

  8. Saya juga punya mifi huawei yang tipe E 5577 D 916 dan itu sdh 2 bulan lamanya, saya juga orangnya selalu gonta-ganti kartu buat ngisi mifi saya dengan harapan dapat kuota internet yang murah. Tapi setelah saya ganti kartu Telkomsel yg terakhir ini kenapa saya baru tau kalo mifi saya selalu tdk berfungsi pada saat saya berkendara, setelah saya perhatikan ternyata selama jaringan di 4g maka mifi berfungsi tapi kalo berubah di jaringan 3G mifi jadi tdk berfungsi. Dan aneh nya lagi hal itu terjadi tdk hanya pada saat berkendara, di saat enak2 nya saya pake internet tiba2 hilang koneksi krn jaringan berubah di 3G padahal masih diposisi yang sama dan tdk pindah tempat. Memang hal ini terjadi pada saat saya mempergunakannya di smartphone. Saya blm perhatikan kalo saya menggunakannya di laptop saya. Apa sebabnya ya? Mohon bantuannya dong yg pernah punya masalah yg sama. Terimakasih.

    Liked by 1 person

    • Hai.. maaf ya, pertama, modem kita beda nih.. 😁. Yang saya bolt slim 1 alias huawei E 5372, sedangkan modem mba ida slim 2 atau huawei E 5577. Yang saya 4G nya khusus provider bolt saja, kalo dimasukin provider umum, mentok di 3.5G. Walaupun belom nyobain huawei E 5577, saran saya, cobain settingan jaringan di set 4G only. Mungkin perlu lewat PC settingnya.

      Like

  9. gan mau tanya, saya up kembali ini postingan ya, karena mau tanya di grup fb bolt, masih belom di acc..
    saya baru pake bolt mf90 unlock pake kartu, dipake dirumah jaringan 4g gak muncul, mentok dc-hspa+, di coba set 4g only sinyal malah ilang, sedangkan ketika saya berada di tempat kerja anehnya jaringan 4g muncul, jarak dari rumah ke tempat kerja sekitar 12km, rumah saya masih pedalaman sih tapi udah tercakup jaringan 4g telkomsel (udah sering pake telkomsel di hp 4g. dan normal2 aja), sedangkan tmpat kerja saya, udh dket ke kota, lokasi di cianjur.
    itu knp ya, dari yg saya baca2 dari google, 4g telkomsel skrg udh pake frekuensi 2300 mhz, apakah ,mungkin di daerah rumah saya masih 900mhz dan si tempat kerja saya 2300 mhz?”
    update nya skrg gimana gan udah bisa 4g belom itu modem di jabodetabek?”, soalnya itu udh termasuk kota2 besar di indonesia

    Liked by 1 person

    • pake kartu telkomsel di mf90 bisa keluar 4Gnya,,? tapi di rumah enggak keluar 4ag nya..?
      itu mungkin lokasinya atau struktur bangunannya yang menghalangi sinyal.

      saya pake kartu indosat di smartphone 4G, di pakai di mana aja lancar, tapi begitu smapai rumah, sinyala langsung ilang, jalan 100 meter sinyal muncul lagi. sepertinya struktur bangunan nya yang menghalangi sinyal.

      Like

Leave a comment